© Reuters.

Dolar Amerika Serikat turun tipis pada Senin (05/10) petang di mana pasar keuangan menunggu berita terbaru seputar kesehatan Presiden AS Donald Trump setelah ia dinyatakan positif covid-19 pada pekan lalu.

Indeks dolar AS turun tipis 0,08% di 93,838 pukul 13.29 WIB menurut data Investing.com. EUR/USD naik 0,09% ke 1,1727 dan GBP/USD naik tipis 0,03% di 1,2935. USD/JPY menguat 0,24% di 105,59.

Sedangkan rupiah melemah tipis 0,07% di 14.840,0 per dolar AS sampai pukul 13.29 WIB.

Mengutip Reuters Senin (05/10) petang, pergerakan mata uang tersebut terjadi setelah Trump tiba-tiba muncul dalam iring-iringan mobil di luar rumah sakit tempat ia dirawat. Namun kondisi kesehatannya masihlah belum diketahui dengan jelas

Trump diterbangkan ke rumah sakit untuk perawatan virus korona pada hari Jumat, hanya beberapa minggu sebelum pemilihan 3 November, menambah lapisan ketidakpastian dan volatilitas pasar.

Trump masuk rumah sakit untuk melakukan perawatan kesehatan akibat virus pada hari Jumat hanya beberapa minggu sebelum pemilihan umum AS pada 3 November mendatang. Hal ini menambah ketidakpastian dan volatilitas pasar.

Tim medis kepresidenan pada hari Minggu mengatakan kondisinya membaik dan ia dapat keluar rumah sakit secepatnya pada hari Senin.

Tetapi dokter lain yang tidak terlibat merawat presiden mengatakan kasusnya bisa parah, berdasarkan informasi yang saat konferensi pers staf kepresidenan.

Sementara itu Perdana Menteri Inggris Boris Johnson dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen pada Sabtu sepakat untuk memajukan negosiasi kesepakatan pasca-Brexit.

Source : id.investing.com