©  Reuters

Debat calon presiden Amerika Serikat selama 90 menit pukul 01.00 GMT akan menjadi sorotan pasar. Beberapa analis politik pun mengemukakan pendapatnya soal peluang Trump untuk menjadi yang kandidat unggulan karena konsisten meninggalkan pesaingnya dalam hasil jajak pendapat.

“Tidak ada konsensus di pasar mengenai bagaimana kemenangan salah satu kandidat akan menggerakkan dolar,” kata Masafumi Yamamoto, kepala strategi mata uang di Mizuho Securities dikutip Reuters Rabu (30/09) pagi.

“Jika, misalnya, debat tersebut ternyata berpihak ke Trump, akan menarik untuk melihat bagaimana pasar merespons – utamanya dolar, indeks saham berjangka AS, dan imbal hasil obligasi 10 tahun,” tambahnya.

Indeks dolar turun tipis 0,05% di 93,877 menurut data Investing.com pukul 09.16 WIB. EUR/USD naik tipis 0,06% di 1,1750 dan GBP/USD menguat tipis 0,02% ke 1,2864. USD/JPY naik 0,08% di 105,73.

Rupiah kembali melemah 0,29% di 14.887,5 per dolar AS sampai pukul 09.18 WIB.

Sementara itu kepercayaan konsumen AS mulai meningkat pada bulan September seiring kenaikan proyeksi rumah tangga terhadap pasar tenaga kerja juga meningkat.

Pasar juga tetap fokus pada kemajuan seputar paket stimulus fiskal AS untuk meredam dampak negatif pandemi.

Terbaru, ketua DPR AS Nancy Pelosi mengatakan Selasa bahwa ia berharap mencapai kesepakatan bantuan pandemi dengan Gedung Putih minggu ini, setelah berbicara dengan Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin dan berencana akan melaksanakan pembicaraan lebih lanjut pada hari Rabu.

Source : id.investing.com