Emas Naik Tipis, Dolar AS Mencuri Perhatian di Asia

Emas naik tipis pada Jumat siang di Asia, dengan dolar yang menguat, mengambil beberapa kilau dari reli baru-baru ini di logam kuning.

Emas berjangka naik 0,33% menjadi $1.788,90 pada pukul 13.05 WIB dan spot emas juga datar. Dolar yang melacak greenback terhadap mata uang telah reli selama seminggu terakhir dan terlihat datar di pagi hari di Asia, turun hanya 0,02% menjadi 93,55.

Ketidakpastian yang sedang berlangsung karena meningkatnya kasus COVID-19 secara global dan penyebaran varian Delta yang terus menerus terjadi telah mendorong harga emas, yang cenderung naik dalam periode ketidakpastian, tetapi angka ekonomi yang relatif positif dari AS telah memberi dolar kesempatan untuk naik dengan mengorbankan emas.

Jumlah klaim tunjangan pengangguran baru di AS turun pekan lalu ke level terendah 17 bulan, yang menunjukkan akan ada satu bulan lagi untuk pertumbuhan pekerjaan yang kuat. Menyeimbangkan pandangan optimis ini, pertumbuhan aktivitas pabrik di wilayah Atlantik tengah melambat untuk bulan keempat berturut-turut di bulan Agustus, menurut survei yang dikeluarkan pada hari Kamis.

Dolar telah didorong lebih tinggi oleh ekspektasi Federal Reserve AS dapat mulai mengurangi stimulus tahun ini, seperti yang diisyaratkan dalam risalah pertemuan Juli. Pasar kini menunggu Jackson Hole meeting para gubernur bank sentral pada 26-28 Agustus untuk petunjuk lebih lanjut mengenai arah Fed.

Secara keseluruhan, prospek emas tampak positif.

“Emas tentu diuntungkan dari status safe-havennya,” kata analis OANDA Craig Erlam kepada Reuters. “Sementara pasar jatuh, emas kembali diminati.”

“Dalam jangka menengah, tekanan turun akan tetap pada emas tetapi itu tidak akan menghentikannya menuai manfaat dari kegelisahan.”

Logam lainnya, perak berjangka juga naik tipis 0,13% menjadi $23.262 dan platinum futures untuk pengiriman 21 Oktober naik 1,03% menjadi $979,45.

Minyak brent berjangka dan minyak berjangka WTI keduanya menguat tipis setelah turun cukup dalam selama sesi perdagangan AS dan Eropa semalam.

Source : id.investing.com