Harga Emas Dunia Meredup, Palladium Justru Bersinar

Harga emas melorot pada perdagangan akhir pekan lalu. Di sisi lain harga palladium memperpanjang reli ke level tertingginya sepanjang masa dalam jangka pendek ke level 3000 dolar AS.

Lonjakan harga palladium terjadi di tengah kekhawatiran pasokan dan spekulasi naiknya demand. Sedangkan tekanan terhadap emas seiring rilis data ekonomi AS yang kuat.

Mengutip CNBC, Senin (26/4/2021) harga emas di pasar spot turun 0,4 persen ke harga 1.777,24 dolar AS per ons, menanggalkan penguatan di awal sesi yang didorong oleh pelemahan AS serta imbal hasil obligasi AS.

Sedangkan emas di pasar berjangka turun 0,2 persen ke level 1.777,8 dolar AS per ons.

Sementara palladium sempat mencapai rekor tertinggi di harga 2.925,14 dolar AS per ons dan bersiap untuk kenaikan mingguan kedua berturut-turut. Harga Palladium akhirnya naik 0,4 persen menjadi 2.849,18 dolar AS per ons.

Banyak analis memperkirakan pergerakan lebih lanjut palladium menuju 3.000 dolar AS karena produsen mobil meningkatkan pembelian logam, memperburuk kekurangan pasokan.

Baik palladium maupun platina digunakan sebagai katalis pengurang emisi dalam mobil, tetapi palladium lebih banyak digunakan dalam mesin bensin.

Harga logam lainnya platinum naik 2 persen menjadi 1.226.93 dolar AS per ons dan menuju minggu terbaiknya dalam enam minggu. Perak turun 0,6 persen menjadi 26,02 dolar AS per ons.

Source : suara.com