© Reuters.

Harga emas naik pada Senin (29/06) pagi didorong kekhawatiran pasar atas lonjakan kasus global covid-19 menurunkan optimisme investor terhadap pemulihan cepat ekonomi dan ini juga memicu investor masuk ke logam kuning.

Harga Emas Berjangka naik 0,35% ke $1.786,50 per ons dan XAU/USD naik 0,11% di $1.773,38 mengutip data Investing.com sampai pukul 11.26 WIB.

Di Amerika Serikat menurut laporan yang dilansir The Economic Times dari Reuters Senin (29/06) pagi, California memerintahkan beberapa bar setempat ditutup pada hari Minggu dan ini mengikuti langkah serupa di negara bagian Texas dan Florida. Langkah tersebut diambil kala jumlah kasus virus harian nasional di AS mencapai tingkat rekor. Negara bagian Washington dan Kota San Francisco juga telah menghentikan rencana pembukaan kembali.

Penyebaran wabah covid-19 tanpa henti ini meningkatkan kekhawatiran investor mengenai tertundanya pemulihan ekonomi global dan membebani minat atas aset risiko serta mendorong arus masuk ke aset safe haven.

Emas dianggap sebagai aset investasi yang aman selama masa ketidakpastian politik dan keuangan.

Dari tanah air sampai pukul 08.44 WIB Senin pagi ini, harga emas Antam (JK:ANTM) per gram sedikit turun Rp1.000 dari hari Minggu menurut laman Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia. Sebelumnya, harga emas Antam mencapai Rp912.000 dan harga terakhir kini turun ke Rp911.000.

Source : id.investing.com