© Reuters.

Harga emas turun pada Rabu (27/01) petang menjelang diumumkannya hasil keputusan kebijakan bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve dini hari nanti.

Harga emas berjangka turun 0,23% di $1.846,60 per ons pukul 13.48 WIB dan XAU/USD turun 0,23% ke $1.846,60 menurut data Investing.com.

The Fed akan menyampaikan kesimpulan pertemuan kebijakan dua harinya pada Kamis dini hari WIB nanti. Bank sentral tersebut diharapkan akan tetap mempertahankan kebijakan suku bunganya stabil.

Investor juga menunggu rincian tentang waktu dan nilai anggaran stimulus AS lebih lanjut. Ketua Mayoritas Senat AS Charles Schumer mengatakan pada hari Selasa bahwa pemungutan suara terkait resolusi anggaran, kemungkinan akan menjadi langkah pertama untuk mengesahkan paket stimulus senilai $1,9 triliun yang diusulkan oleh Presiden Joe Biden dapat dilakukan paling cepat minggu berikutnya.

Schumer menambahkan bahwa Senat AS akan mendorong maju rencana Biden, dan juga bisa tanpa dukungan dari anggota parlemen Partai Republik jika perlu.

Dana Moneter Internasional (IMF) meningkatkan perkiraannya untuk pertumbuhan global 2021, dengan mengatakan bahwa mereka sekarang mengharapkan ekonomi global tumbuh 5,5% tahun ini, kenaikan 0,3% dari perkiraan Oktober 2020, dan produk domestik bruto global tumbuh 4,2% pada tahun 2022.

Namun, lembaga itu juga memperingatkan bahwa varian COVID-19 baru dapat menimbulkan risiko pemulihan ekonomi. Jumlah kasus COVID-19 global juga melampaui angka 100 juta pada 27 Januari, menurut data Universitas Johns Hopkins.

Di sisi penawaran, impor emas bersih China melalui Hong Kong meningkat untuk kedua kalinya berturut-turut pada bulan Desember, meskipun impor untuk tahun ini turun sebesar 85% karena COVID-19 memberikan pukulan bagi konsumsi logam kuning. 

Meskipun negara itu melaporkan 75 kasus harian COVID-19 pada hari Rabu, kenaikan harian terendah sejak 11 Januari, perjalanan selama liburan Tahun Baru Imlek yang akan datang telah diminta untuk diabaikan guna mencegah penyebaran virus.

Dari tanah air, harga emas Antam (JK:ANTM) turun Rp2.000 dari Rp958.000 pada Selasa menjadi Rp956.000 pagi ini menurut laman Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia pukul 08.41 WIB.

Source : kontan.co.id