Harga Emas Makin Naik Ditopang Komentar Dovish Ketua Fed

Harga emas makin naik pada Kamis (15/07) petang setelah Ketua Federal Reserve AS Jerome Powell memberi sinyal “dukungan kuat” dari bank sentral untuk pemulihan ekonomi.

Harga emas berjangka terus naik 0,43% di $1.832,80 per troy ons pukul 13.21 WIB menurut data Investing.com. Indeks dolar AS, yang biasanya bergerak berlawanan dengan emas, turun tipis 0,07% di 92,338.

Pada hari pertama dari kesaksian dua hari di hadapan Komite Jasa Keuangan Dewan Perwakilan Rakyat AS pada hari Rabu, Powell mengatakan bahwa kebijakan moneter akan tetap akomodatif. Saat menegaskan tekanan inflasi bersifat sementara, ia menambahkan bahwa The Fed mengharapkan untuk melanjutkan pembelian obligasi sampai ada “kemajuan lanjutan yang substansial” di pasar kerja, memprediksi bahwa suku bunga kemungkinan akan tetap mendekati nol sampai setidaknya tahun 2023.

Kesaksian hari kedua Powell akan berlangsung pada sesi hari ini.

Bank of Korea mempertahankan suku bunganya tidak berubah sebesar 0,5% dalam rapat keputusan kebijakan sebelumnya. Bank of Japan akan mengakhiri minggu ini dengan memberikan keputusannya pada hari Jumat.

Meningkatnya inflasi akan membuat investor gelisah, tetapi mereka menjadi lebih nyaman dengan sikap The Fed dan akan terus membangun posisi di pasar, analis ANZ Daniel Hynes mengatakan kepada Reuters.

“Kondisi relatif mendukung kenaikan emas lebih lanjut … Ini tidak akan menjadi sprint tetapi tren bertahap yang sangat ringan lebih tinggi untuk 2021 saat ini,” tambahnya.

Sementara itu, investor juga mencerna data yang dirilis sebelumnya di China yang semakin mengisyaratkan perlambatan pemulihan ekonomi negara dari COVID-19. PDB kuartal II tumbuh 7,9% tahun ke tahun dan tumbuh 1,3% kuartal ke kuartal. Data juga mengatakan produksi industri tumbuh 8,3% tahun ke tahun di bulan Juni dan tingkat pengangguran tidak berubah di 5%.

Di logam mulia lainnya, platinum makin naik 0,61% di 1.137,10 setelah mencapai level tertinggi sejak 16 Juni selama sesi sebelumnya. Palladium turun 0,39% di 2.818,00 dan perak terus naik 0,59% di 26,425 pukul 13.25 WIB.

Source : id.investing.com