Harga emas naik 0,26% ke level US$ 1.859 per ons troi di pasar spot

Harga emas menguat pada Rabu (13/1) pagi. Mengutip Bloomberg pada pukul 11.15 WIB, harga emas berada di level US$ 1.859,52 per ons troi alias menguat 0,26%.

Sementara harga emas berjangka Comex untuk pengiriman Februari 2021 menguat 0,78% ke level US$ 1.858,50 per ons troi.

Kenaikan harga emas terjadi seiring dengan penurunan imbal hasil US Treasury dan pelemahan dolar AS. Selain itu, prospek inflasi yang lebih tinggi imbas banyaknya stimulus fiskal akan mendukung permintaan emas sebagai safe haven kembali meningkat.

“Kesediaan investor untuk membeli utang AS meningkatkan kepercayaan pada aset AS karena saham menguat dan dolar tergelincir, keduanya membantu emas sedikit menguat,” kata Tai Wong, kepala perdagangan derivatif logam dasar dan mulia di BMO seperti dikutip Reuters.

Indeks dolar tergelincir 0,3% terhadap para pesaingnya, sementara imbal hasil treasury AS 10-tahun turun ke sesi terendah 1,146% setelah kenaikan yang kuat.

“Akan ada paket stimulus besar yang harus mendukung pasar emas, tidak hanya dapat merangsang permintaan tetapi juga mendorong ide-ide dari beberapa masalah inflasi harga,” kata analis senior Kitco Metals Jim Wyckoff.

Source : kontan.co.id