© Reuters.

Harga emas bergerak naik pada Kamis (03/09) pagi kendati dolar AS mengalami penguatan pasca pulihnya sektor manufaktur di Amerika Serikat yang mendorong harapan pemulihan cepat ekonomi akibat terdampak pandemi covid-19.

Menurut laporan yang dilansir Reuters Kamis (03/09) pagi, harga emas berjangka naik 0,44% ke $1.953,20 per ons pukul 08.59 WIB menurut data Investing.com dan XAU/USD meningkat 0,27% ke 1.948,18. Sedangkan indeks dolar AS menguat 0,15% di 92,787.

Pesanan baru atas produk buatan Amerika Serikat meningkat melampaui ekspektasi pada bulan Juli, sementara rilis data sektor manufaktur AS Selasa menunjukkan kegiatan sektor ini kembali meningkat dekati level tertinggi dua tahun pada bulan Agustus. Data tersebut menambah optimisme seputar pemulihan yang stabil.

Gaji karyawan swasta di Amerika Serikat juga bertambah namun kurang dari estimasi pada bulan Agustus dan ini menunjukkan pemulihan pasar tenaga kerja yang melambat.

Investor sekarang fokus pada laporan klaim awal pengangguran Amerika Serikat pada hari Kamis dan data gaji pekerja sektor non pertanian pada hari Jumat.

Dari tanah air pagi ini, harga emas Antam (JK:ANTM) stabil di level harga Rp1.024.000 dari Rabu kemarin menurut laman Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia hingga pukul 08.24 WIB.

Source : id.investing.com