Harga Emas Naik Tipis Jelang Rilis Data Inflasi AS

Harga emas naik tipis pada Jumat (25/06) petang. Investor mencerna sinyal beragam dari pejabat Federal Reserve AS tentang kenaikan suku bunga pekan ini, sambil menunggu data inflasi AS yang akan dirilis hari ini.

Harga emas berjangka naik tipis 0,03% di $1.777,25 per troy ons pukul 13.22 WIB menurut data Investing.com. Dolar AS, yang biasanya bergerak terbalik terhadap emas, juga turun tipis 0,04% di 91,757.

Dua pejabat Fed mengantisipasi pada hari Kamis bahwa inflasi bisa naik lebih dari yang diharapkan untuk jangka pendek. Para pengambil kebijakan Fed AS lainnya mengatakan ekonomi AS pulih dari penurunan pada tahun 2020, tetapi pasar tenaga kerja masih perlu ditingkatkan.

Pertumbuhan ekonomi AS “telah bangkit kembali … tetapi bahkan saat PDB hampir sepenuhnya menutup kerugiannya dari tahun lalu, lapangan kerja tetap turun secara signifikan,” Presiden Fed Philadelphia Patrick Harker menyatakan.

“Kami benar-benar membutuhkan ekonomi yang bekerja untuk semua orang,” tambah Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic.

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden mencapai kesepakatan dengan sekelompok senator bipartisan untuk menyediakan dana senilai $579 miliar dalam investasi infrastruktur, yang meningkatkan sentimen investor.

Di sisi data, 411.000 mengajukan klaim pengangguran awal di AS selama minggu sebelumnya seiring terus pulihnya pasar tenaga kerja dari COVID-19 berkat pembukaan kembali ekonomi. Perkiraan yang disiapkan oleh Investing.com memperkirakan angka 380.000 sementara 418.000 klaim diajukan selama minggu sebelumnya.

Investor sekarang menunggu index harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) inti, yang akan dirilis hari ini, untuk mendapat petunjuk lebih lanjut tentang kenaikan inflasi.

Di seberang Atlantik, Bank of England (BOE) memperkirakan inflasi akan melebihi 3% dalam beberapa bulan mendatang, tetapi lonjakan tersebut akan bersifat sementara dan tidak akan berdampak pada kebijakan stimulus saat ini.

Di logam mulia lainnya, palladium naik 0,30% di 2.652,00, platinum naik 0,55% ke 1.098,65, sementara perak naik 0,53% di 26,188 pukul 13.26 WIB.

Source : id.investing.com