© Reuters.

Harga emas turun pada Rabu (04/11) pagi dengan investor terus mencermati perkembangan politik global beberapa jam terakhir jelang ditutupnya pemilihan presiden AS.

Harga emas turun 0,79% di $1.895,30 per ons pukul 10.32 WIB menurut data Investing.com dan XAU/USD berkurang 0,82% di $1.893,60.

Diberitakan Reuters Rabu (04/11) pagi, hasil jajak pendapat nasional di Amerika Serikat menunjukkan Joe Biden dari Partai Demokrat unggul dalam pemilihan itu, tapi raihan Donald Trump dari Partai Republik juga cukup dekat pada beberapa negara bagian penting.

Hasil pemenang – yang kemungkinan tidak bisa ditentukan dalam waktu beberapa hari – akan memimpin negara menghadapi pandemi covid-19 yang telah menewaskan lebih dari 231.000 orang serta mencari solusi atas jutaan pengangguran, masalah rasial dan polarisasi politik yang semakin memburuk selama kampanye pilpres.

Pesanan baru atas barang-barang asal AS meningkat pesat pada September, tetapi kenaikan lanjutan dapat dibatasi dengan tetap mengantisipasi perlambatan belanja konsumen lantaran berkurangnya uang pemerintah yang digunakan untuk membantu dunia usaha serta para pekerja yang terkena dampak pandemi covid-19.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) akan segera memulai pertemuan kebijakan dua harinya. Para pengambil kebijakan diharapkan menegaskan kembali komitmennya untuk mendukung ekonomi yang dilanda pandemi dan mempertahankan suku bunga tidak berubah.

Di Indonesia, harga emas Antam (JK:ANTM) stabil di kisaran level Rp1.004.000 pagi ini dari Selasa kemarin menurut laman Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia pukul 08.29 WIB.

Source : id.investing.com