Harga Emas Turun Tipis, Fed Indikasi Pengurangan Aset Bisa Lebih Cepat

Harga emas turun pada Kamis petang. Investor mencerna pernyataan dari Federal Reserve AS yang mengindikasikan bank sentral dapat memulai pengurangan aset lebih cepat dari yang diharapkan.

Harga emas berjangka turun tipis 0,09% di $1.812,80 per troy ons pukul 14.26 WIB menurut data Investing.com.

Amerika Serikat merilis beberapa data ekonomi yang menunjukkan perubahan ketenagakerjaan nonpertanian ADP sebesar 330.000 pada bulan Juli, angka ini lebih rendah dari estimasi. Data juga mengatakan indeks manajer pembelian jasa (PMI) mencapai 59,9, sedangkan pekerjaan nonmanufaktur dari Institute of Supply Management (ISM) berada di 53,8 dan PMI non-manufaktur ISM berada di 64,1.

Investor sekarang akan memantau laporan pekerjaan AS hari Jumat, termasuk gaji nonpertanian, untuk mengukur langkah Fed selanjutnya.

Di Asia Pasifik, data perdagangan Australia bulan Juni, yang dirilis sebelumnya, mengatakan ekspor naik 4% bulan ke bulan, impor tumbuh 1% bulan ke bulan dan neraca perdagangan mencapai AUD10,496 miliar.

Wakil Ketua Fed Richard Clarida mengindikasikan kondisi untuk kenaikan suku bunga dapat dipenuhi pada akhir 2022. Ia juga mengatakan The Fed dapat memulai pengurangan aset di tahun ini, lebih awal dari yang diharapkan.

Investor Asia Pasifik mencoba untuk mencapai keseimbangan antara data ekonomi AS yang lemah dan komentar hawkish dari pejabat Fed, menyoroti laporan pekerjaan AS hari Jumat, termasuk non-farm payrolls, ahli strategi DailyFX Margaret Yang mengatakan kepada Reuters.

“Agar emas menembus $1.835 (tingkat resistensi), beberapa katalis bisa jadi non-farm payrolls yang jauh lebih buruk dari yang diharapkan… Lainnya adalah gejolak cepat varian Delta di Amerika Serikat yang dapat menyebabkan aturan lockdown dan pembatasan sosial,” ia menambahkan.

Investor sekarang menunggu keputusan kebijakan Bank of England, yang akan diumumkan hari ini.

Sementara itu, jumlah kasus COVID-19 global melewati angka 200 juta pada 5 Agustus, menurut data Universitas Johns Hopkins.

Dalam logam mulia lainnya, perak turun tipis 0,08% di 25,441, platinum turun 0,62% di 1.014,05 sementara palladium naik 0,17% ke 2.653,52 pukul 14.33 WIB.

Source : id.investing.com