Harga minyak kembali menguat pada Rabu (03/06) pagi di tengah optimisme bahwa produsen minyak utama akan memperpanjang pengurangan produksi lantaran ekonomi dunia mulai pulih dari pandemi covid-19.

Harga Minyak Brent Berjangka naik 1,49% di $40,16 per barel pukul 09.14 WIB menurut data Investing.com dan Minyak Mentah WTI Berjangka melonjak 2,23% di $37,63 per barel.

Seperti dilansir Reuters Rabu (03/06) pagi, kedua tolok ukur minyak global ini telah meningkat tajam dalam beberapa pekan terakhir dari posisi terendah bulan April. Kenaikan ini didorong oleh berlanjutnya pemulihan ekonomi di Cina, pusat penyebaran virus, sementara ekonomi negara lain perlahan-lahan mulai dibuka setelah kebijakan pembatasan untuk menahan penyebaran covid-19.

Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan negara lainnya termasuk Rusia dapat memperpanjang pengurangan produksi 9,7 juta barel per hari (bph), atau sekitar 10% dari produksi minyak global, hingga mundur ke bulan Juli atau Agustus, sumber mengatakan.

Pertemuan kelompok yang dikenal sebagai OPEC+ diharapkan akan diadakan melalui daring pada hari Kamis. Pemangkasan saat ini dijadwalkan akan berlangsung hingga bula Mei dan Juni, berkurang turun 7,7 juta barel per hari dari Juli hingga Desember, tetapi Arab Saudi telah mendorong untuk mempertahankan pemotongan yang lebih besar lagi.

Source : investing.com