© Reuters.

Harga minyak kembali menguat pada Selasa (01/09) pagi. Pergerakan positif komoditas ini digadang karena investor beralih ke aset berisiko dan keluar dari dolar safe haven yang kian melemah.

Harga minyak WTI naik 0,92% ke $43,00 per barel sampai pukul 11.25 WIB menurut data Investing.com dan harga minyak Brent naik 1,04% di $45,75 per barel.

Menurut laporan yang dilansir Reuters Selasa (01/09) pagi, kedua minyak acuan ini sempat turun sekitar 1% pada hari Senin di tengah kekhawatiran dari kelebihan pasokan minyak dan juga permintaan global turun di bawah level sebelum pandemi covid-19.

Adapun indeks dolar AS terus turun 0,36% ke 91,802 hingga pukul 11.28 WIB setelah perubahan kebijakan Federal Reserve AS terkait inflasi yang diumumkan minggu lalu.

Keseluruhan, pasar tetap fokus pada pemulihan permintaan bahan bakar yang terhenti karena negara-negara masih mengatasi dampak negatif pandemi covid-19 akibat tindakan pembatasan yang diberlakukan, kata para analis.

Menjelang rilis data pasokan AS dari grup industri American Petroleum Institute (API), hasil jajak pendapat menerangkan analis memperkirakan pasokan minyak mentah AS turun sekitar 2 juta barel hingga pekan terakhir 28 Agustus.

Pasokan bensin akan turun sebanyak 3,6 juta barel, sementara pasokan sulingan, yang meliputi minyak diesel dan pemanas, diperkirakan turun sebanyak 1,5 juta barel, menurut perkiraan analis.

Source : id.investing.com