Harga Minyak Kembali Naik di Tengah Antisipasi Tumbuhnya Permintaan

Harga minyak kembali naik pada Kamis (29/04) pagi dan investor terus memperkirakan permintaan bahan bakar akan pulih pada musim panas, kendati jumlah kasus COVID-19 terus meningkat di negara-negara seperti India, Jepang, dan Brasil.

Harga minyak Brent naik 0,37% ke $67,03 per barel menurut data Investing.com dan harga minyak WTI naik 0,33% di $64,07 per barel pukul 11.32 WIB.

Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya (OPEC+) akan bertahap mengurangi pembatasan produksi minyak saat ini dari bulan Mei hingga Juli setelah memperkirakan pertumbuhan permintaan menjadi 6 juta barel per hari untuk tahun 2021. Kelompok ini juga memperkirakan stok global akan mencapai 2,95 miliar barel pada Juli, di bawah level rata-rata yang tercatat antara 2015 hingga 2019.

“Melihat lebih dekat pada keadaan persediaan minyak global menunjukkan bahwa pasar kemungkinan lebih dekat ke titik rebalancing daripada apa yang mungkin dipikirkan OPEC+,” tulis analis Citi dalam catatan, menambahkan sebagian besar persediaan minyak mentah yang berlebih telah diserap oleh pasar.

Di sisi permintaan, investor mencari rekor permintaan minyak yang tinggi di musim panas karena tingkat vaksinasi COVID-19 di Amerika Utara dan Eropa semakin cepat. Namun, jumlah kasus COVID-19 yang terus meningkat di India dan Brasil dapat menyebabkan tindakan penguncian yang lebih ketat dan menekan permintaan minyak mentah.

Di Asia, permintaan bahan bakar diperkirakan akan meningkat di China menjelang masa liburan lima hari mulai hari Sabtu.

Juga di sisi penawaran, data pasokan minyak mentah AS untuk pasokan minyak mentah dari Badan Informasi Energi (EIA) AS hari Rabu mencatat kenaikan 90.000 barel untuk minggu ini hingga 23 April. Perkiraan yang disiapkan oleh Investing.com memperkirakan peningkatan 659.000 barel, sedangkan kenaikan 594.000 barel tercatat selama minggu sebelumnya.

Data pasokan dari American Petroleum Institute (API) sehari sebelumnya menunjukkan peningkatan 4,319 juta barel.

Source : id.investing.com