Harga Minyak Kembali Naik, Pasar Antisipasi Permintaan di Eropa & AS

Harga minyak naik pada Jumat (23/04) pagi dan investor memperkirakan adanya peningkatan permintaan bahan bakar karena pemulihan ekonomi dan pelonggaran lockdown di AS dan Eropa. Namun, investor tetap khawatir dengan rekor jumlah kasus COVID-19 di India.

Harga minyak Brent naik 0,47% ke $65,71 per barel pukul 11.02 WIB dan harga minyak WTI naik 0,62% di $61,81 per barel menurut data Investing.com.

Di AS, perusahaan penyuling Valero mengatakan permintaan bensin dan solar pulih kembali ke tingkat sebelum COVID-19, masing-masing sebesar 93% dan 100%, dan kepala komersialnya Gary Simmons menambahkan perusahaan “cukup bullish pada bensin di masa mendatang”.

“Pasar mengabaikan peningkatan persediaan [di pasokan minyak mentah] minggu lalu, sebaliknya terhibur oleh berlanjutnya peningkatan permintaan bensin,” analis ANZ mengatakan dalam catatan.

Di seberang Atlantik, Eropa mengharapkan peningkatan permintaan karena Prancis akan membuka kembali sekolah pada hari Senin dan mencabut pembatasan perjalanan domestik yang dimulai pada awal bulan, pada 3 Mei mendatang.

Namun, baik kontrak berjangka Brent dan WTI menuju kerugian mingguan hampir 2% akibat jumlah kasus COVID-19 di India, negara importir minyak terbesar ketiga di dunia, terus mencetak rekor baru. Negara ini menetapkan rekor global baru dari 314.835 kasus pada hari Kamis, dan beberapa negara, termasuk Singapura, UEA dan Australia, membatasi jumlah penerbangan dari India.

Namun, beberapa investor tetap optimis.

“Dengan kejutan utama COVID dari India dan Jepang memudar ke pembakar belakang dan sejauh ini tidak ada risiko mutasi terkait yang muncul kembali ke AS dan Eropa, penurunan buy-in tetap menjadi urutan hari ini,” kata kepala ahli strategi pasar Axi Stephen Innes.Harga Minyak Kembali Naik, Pasar Antisipasi Permintaan di Eropa & AS Tambahkan Komentar

Source : id.investing.com