Harga Minyak Kembali Naik, Pasokan BBM AS Turun Indikasi Lonjakan Permintaan

Harga minyak naik pada Jumat (09/07) pagi di Asia meskipun data yang dirilis pada hari Kamis menunjukkan persediaan bahan bakar turun dan permintaan melonjak karena pemulihan ekonomi mendorong tingkat konsumsi.

Harga minyak Brent naik tipis 0,05% di $74,16 per barel pukul 10.25 WIB dan harga minyak WTI juga naik 0,19% di $73,08 per barel menurut data Investing.com.

Data pasokan minyak mentah dari Badan Informasi Energi (EIA) menunjukkan penurunan sebanyak 6,866 juta barel. Prakiraan yang disiapkan oleh Investing.com memperkirakan penurunan 4,033 juta barel, sementara ada sebanyak 6,718 juta barel penurunan tercatat selama minggu sebelumnya.

Sementara itu, permintaan bahan bakar melonjak menjadi 10 juta barel per hari dalam seminggu sebelum libur 4 Juli di AS, menurut EIA.

Setelah naik 11% di bulan Juni, pasar minyak menghadapi tantangan bulan ini di tengah meningkatnya ketidakpastian terhadap penawaran dan permintaan.

Minyak patokan AS tampaknya akan mencatat penurunan mingguan pertama sejak pertengahan Mei 2021. Perseteruan yang sedang berlangsung antara Arab Saudi dan Uni Emirat Arab terkait peningkatan pasokan dan penyebaran varian delta COVID-19 mengaburkan pasar.

Sementara Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan mitranya (OPEC+) belum mencapai keputusan soal kebijakan pasokan dan kelompok ini dapat menjaga produksi tetap stabil pada bulan Agustus, namun anggota OPEC+ dapat menambah minyak secara sepihak. Sementara itu, konsumsi bahan bakar mendapat dorongan oleh pembukaan kembali ekonomi di AS dan Eropa tetapi masih dibayangi oleh penyebaran varian delta COVID-19.

Source : id.investing.com