Harga Minyak Kembali Turun, Pasar Fokus Potensi Pasokan Iran & Inflasi

Harga minyak kembali turun pada Rabu (19/05) pagi akibat adanya potensi pasokan Iran kembali masuk pasar dan aksi jual yang timbul dari spekulasi kekhawatiran inflasi yang dapat mendorong the Fed bertindak.

Pada pukul 11.50 WIB, harga minyak WTI turun 1,19% ke $64,72 per barel dan harga minyak Brent turun 1,09% di $67,96 per barel menurut data Investing.com.

Aksi jual tengah berlangsung sebut ekonom dan analis setelah terjadi penurunan harga komoditas dan juga saham-saham mengutip laporan Reuters Rabu (19/05) pagi. Analis juga mengungkapkan potensi kekhawatiran inflasi memberi tekanan negatif atas prospek pertumbuhan ekonomi dan ini bisa mengurangi permintaan atas cairan hitam tersebut.

Bank sentral AS the Fed memberikan sinyal akan tetap menjaga suku bunganya rendah untuk jangka panjang guna membantu ekonomi.

Pelemahan harga minyak itu diperkirakan akibat pengaruh kemajuan perundingan AS dan Iran terkait pembatasan program nuklir dan dicabutnya sanksi ekspor minyak Iran.

Selain itu, investor akan memantau rilis data pasokan minyak mentah di Amerika Serikat dari Badan Informasi Energi (EIA) AS pada Rabu setempat.

Source : id.investing.com