Harga Minyak Kian Naik Ditopang Sentimen Meningkatnya Permintaan

Harga minyak kian naik pada Rabu (23/06) petang lantaran rebound ekonomi yang kuat dari negara konsumen utama mendorong permintaan bahan bakar dan menguras persediaan yang membengkak. Investor kini menunggu pertemuan Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak dan sekutu (OPEC+) untuk mendapatkan petunjuk tentang kebijakan produksi.

Harga minyak Brent terus naik 0,83% di $75,43 per barel pukul 13.44 WIB dan harga minyak WTI makin naik 0,67% di $73,34 per barel menurut data Investing.com.

Pasokan minyak mentah AS dari American Petroleum Institute (API) menunjukkan penurunan sebanyak 7,199 juta barel untuk pekan terakhir 18 Juni. Perkiraan yang disiapkan oleh Investing.com memperkirakan penurunan sebanyak 3,625 juta barel, sementara 8,537 juta barel penurunan tercatat selama minggu sebelumnya.

Investor sekarang menunggu pasokan minyak mentah dari Badan Informasi Energi AS, yang akan dirilis hari ini.

Permintaan bahan bakar didorong oleh pasar utama termasuk AS dan China yang melanjutkan pemulihan ekonominya dari COVID-19.

Di sisi penawaran, OPEC+ dijadwalkan bertemu pada minggu depan untuk membahas kebijakan produksinya. Rusia sedang mempertimbangkan potensi peningkatan pasokan, pejabat Rusia mengatakan kepada Bloomberg, sementara beberapa negara OPEC+ juga membahas potensi kenaikan pasokan pada Agustus, seorang delegasi mengatakan kepada Bloomberg.

Sementara itu, Iran mengindikasikan bahwa perundingan nuklir dengan negara kekuatan dunia kemungkinan akan melewati bulan Agustus dan juga potensi peningkatan pasokan bahan bakar akan ditunda.

“Harga berada dengan nyaman di tempatnya sekarang dengan ketatnya pasokan dan pemulihan permintaan yang sehat, bergabung dengan kesepakatan nuklir Iran yang tertunda … semua mata sekarang tertuju pada pertemuan OPEC+ minggu depan.” Will Sungchil Yun, analis komoditas senior di VI Investment Corp, mengatakan kepada Bloomberg.

Source : id.investing.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *