Harga minyak naik pada Rabu pagi dipicu harapan pertemuan antara OPEC dan Rusia pada Kamis pekan ini untuk membahas pengurangan produksi guna menaikan harga yang telah anjlok di tengah pandemi covid-19.

Berdasarkan data investing.com Rabu (08/04) pukul 9.30 WIB minyak mentah Minyak Brent Berjangka naik 2,17%, di level $ 32,55 per barel, sementara Minyak mentah Intermediate (Minyak Mentah WTI Berjangka) AS naik 5,42%, menjadi $ 24,92 per barel.

Rencana pertemuan Kamis antara anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, termasuk Rusia, diperkirakan akan lebih sukses daripada pertemuan pada awal Maret, yang berakhir dengan kegagalan untuk memperpanjang pemotongan dan jadi awal dari perang harga antara Arab Saudi dan Rusia di tengah permintaan yang terus menurun.

Tetapi masih ada keraguan tentang peran Amerika Serikat dalam pembatasan produksi.

Sementara Arab Saudi, negara-negara anggota OPEC dan Rusia kemungkinan setuju untuk memangkas produksi, tetapi masih belum ada kepastian dari produsen minyak serpih Amerika Serikat.

Namun Departemen Energi AS mengatakan pada hari Selasa bahwa output AS sudah turun tanpa tindakan pemerintah. Data yang dirilis hari Selasa menunjukkan tren produksi minyak mentah AS diperkirakan akan turun 470.000 barel per hari dan permintaan akan turun sekitar 1,3 juta barel per hari pada tahun 2020, ungkap berita yang dirilis Reuters Rabu (08/04).

Source : investing.com