© Reuters.

Harga minyak mentah naik pada Selasa (11/08) pagi ditopang oleh ekspektasi stimulus Amerika Serikat dan pemulihan permintaan dari Asia lantaran mulai dibukanya kembali perekonomian regional.

Harga minyak WTI naik 0,79% di $42,27 per barel dan harga minyak Brent menguat 0,53% ke $45,23 per barel sampai pukul 10.52 WIB menurut data Investing.com.

Mengutip laporan yang dilansir Reuters Selasa (11/08) pagi, harga komoditas ini mendapat dorongan setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mencuit di Twitter bahwa Partai Demokrat di Kongres AS ingin bertemu dengannya untuk membahas dana bantuan ekonomi terkait covid-19.

Negosiasi antara Partai Demokrat Amerika Serikat dan pemerintahan Trump macet pada minggu lalu.

Pada hari Minggu, CEO Saudi Aramco Amin Nasser mengatakan ia melihat permintaan minyak pulih di Asia karena ekonomi secara bertahap dibuka kembali.

Deflasi pabrik di Cina mengalami penurunan pada bulan Juli. Data ekonomi ini didorong oleh kenaikan harga minyak global dan aktivitas industri kembali naik ke level sebelum merebaknya virus sehingga menambah tanda-tanda pemulihan di ekonomi terbesar kedua di dunia itu.

Irak pada Jumat mengatakan akan memangkas produksi minyaknya sebanyak 400.000 barel per hari pada bulan Agustus dan September untuk mengkompensasi kelebihan produksi selama tiga bulan terakhir.

Source : id.investing.com