© Reuters.

Harga minyak naik pada Kamis (15/10) pagi setelah data menunjukkan pasokan minyak mentah AS turun pekan lalu dan laporan OPEC serta negara mitra lainnya terlihat sepenuhnya mematuhi kesepakatan bersama untuk membatasi produksi pada bulan September.

Harga minyak WTI naik 0,12% di $41,09 per barel dan Harga minyak Brent naik 0,16% ke $43,39 per barel menurut data Investing.com pukul 09.27 WIB.

Diberitakan Reuters Kamis (15/10) pagi, kenaikan kedua harga minyak acuan itu terjadi meskipun kembali bertambahnya jumlah kasus positif covid-19 di Eropa yang berpotensi menurunkan permintaan bahan bakar.

Kelompok industri American Petroleum Institute (API) mengatakan pasokan minyak mentah, gasolin dan sulingan AS semuanya turun hingga pekan terakhir 9 Oktober, menurut laporan yang dirilis setelah penutupan pasar pada hari Rabu.

Pasokan minyak mentah turun sebanyak 5,4 juta, sementara pasokan sulingan, yang mencakup solar dan minyak pemanas, turun sebanyak 3,9 juta barel.

Badan Informasi Energi (EIA) pemerintah AS akan merilis data mingguannya pada hari Kamis, sehari lebih lambat dari biasanya setelah hari libur.

Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, atau disebut OPEC+, mencatat 102% kepatuhan terhadap kesepakatan yang disetujui untuk memotong pasokan minyak pada bulan September, dua sumber OPEC+ mengatakan jelang pertemuan komite teknis OPEC+ pada hari Kamis untuk meninjau ulang kondisi pasar minyak.

Harga minyak telah naik minggu ini meskipun ada kekhawatiran tentang tindakan pembatasan baru yang memukul permintaan bahan bakar akibat lonjakan kasus covid-19 di Eropa. Kasus baru telah mencapai sekitar 100.000 setiap harinya, dibandingkan dengan lebih dari 51.000 kasus di Amerika Serikat.

Source : id.investing.com