Harga Minyak Naik ke Tertinggi 1 Minggu, Pulih dari Dampak Kerusakan Badai Ida

Harga minyak naik pada Senin (13/09) pagi di Asia dan sempat mencapai level tertinggi satu minggu dalam kenaikan dua sesi berturut-turut. Munculnya kekhawatiran yang terus-menerus hadir terhadap pasokan AS, yang mana pemulihan kerusakan Badai Ida berlanjut ke minggu kedua, memberi dorongan pada cairan hitam.

Harga minyak Brent naik 0,25% di $73,10 per barel pukul 11.20 WIB dan harga minyak WTI naik 0,32% ke $69,94 per barel menurut data Investing.com. Baik Brent dan WTI berjangka sempat berada di level tertinggi sejak 3 September di awal sesi.

Sekitar tiga perempat produksi minyak lepas pantai Teluk Meksiko AS, atau sekitar 1,4 juta barel per hari, tetap ditutup sejak Badai Ida melanda di wilayah tersebut pada akhir Agustus. Angka tersebut kira-kira sama dengan apa yang dihasilkan oleh Nigeria, anggota Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC).

Royal Dutch Shell (LON:RDSa) Plc Kamis lalu mengatakan telah membatalkan beberapa kargo ekspor karena kerusakan fasilitas lepas pantai dari Ida. Pernyataan dari produsen minyak terbesar di kawasan itu menunjukkan kondisi penurunan pasokan energi dapat berlanjut selama beberapa minggu lagi.

“Untuk menambah masalah, lebih banyak kilang minyak di Louisiana telah kembali beroperasi, meningkatkan permintaan minyak mentah,” sebut analis ANZ dalam catatan.

Baker Hughes juga mengatakan bahwa jumlah rig yang beroperasi di AS tumbuh dalam minggu terakhir, indikasi bahwa produksi dapat meningkat dalam beberapa minggu mendatang.

Semua mata juga tertuju pada prospek minyak untuk tahun 2022 dari Organisasi Negara-Negara Penghasil Minyak (OPEC) dan Badan Energi Internasional (IEA), yang akan dirilis hari ini. Diharapkan OPEC akan merevisi penurunan untuk perkiraannya.

Sementara itu, Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas (CFTC) AS mengatakan pada hari Jumat bahwa investor menaikkan posisi long minyak mentah berjangka dan kontrak option AS dalam seminggu hingga 7 September.

Source : id.investing.com