Harga Minyak Naik Meski Persediaan di AS Alami Peningkatan

Harga minyak naik pada Rabu (24/03) pagi dan investor masih mencerna adanya peningkatan persediaan minyak mentah di Amerika Serikat.

Harga minyak Brent naik tipis 0,05% ke $60,82 per barel menurut data Investing.com pukul 11.08 WIB dan harga minyak WTI naik 0,14% di $57,84 per barel.

Data pasokan minyak mentah AS dari American Petroleum Institute (API) memperkirakan terjadi peningkatan 2,927 juta barel untuk pekan terakhir pada 19 Maret. Perkiraan yang disiapkan oleh Investing.com memperkirakan kenaikan 900.000 barel, sementara tercatat penurunan sebanyak 1 juta barel selama minggu sebelumnya.

Data lanjutan dari Badan Informasi Energi (EIA) AS akan dirilis pada sesi hari ini nanti.

Prospek kedepan juga tertutupi oleh gelombang ketiga kasus COVID-19 di Eropa, yang telah memicu langkah-langkah pembatasan baru di beberapa negara. Jumlah kasus juga meningkat di India, negara importir minyak terbesar ketiga di dunia.

Minyak telah turun lebih dari 12% dalam kurun waktu kurang dari dua minggu karena permintaan bahan bakar yang lemah, penguatan dolar, dan investor melepas posisi long mereka. Penurunan tersebut dapat mendorong lebih banyak tindakan dari Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak dan sekutunya (OPEC+) ketika menggelar pertemuan pada 1 April guna menentukan kebijakan produksi untuk Mei 2021.

Meskipun terjadi penurunan baru-baru ini, cairan hitam masih naik hampir 20% pada tahun 2021. Peluncuran vaksin COVID-19 global telah meningkatkan harapan atas mobilitas penduduk yang lebih besar dan pemulihan permintaan bahan bakar dalam jangka panjang.

Source : id.investing.com