© Reuters.

Harga minyak naik pada Kamis (26/11) pagi setelah pasokan minyak mentah mencatatkan penurunan karena harapan vaksin akan mengakhiri pandemi virus dan mampu kembali mendorong permintaan bahan bakar.

Harga minyak WTI naik 0,44% ke $45,91 per barel menurut data Investing.com pukul 10.40 WIB dan harga minyak Brent naik 0,56% ke $48,80 per barel.

Menurut laporan yang dilansir Reuters Kamis (26/11) pagi, kedua tolok ukur telah meningkat sekitar 9% minggu ini. Kenaikan ini terjadi pasca AstraZeneca menyatakan pada hari Senin bahwa vaksin covid-19 buatannya dapat efektif hingga 90% sehingga menambah amunisi potensial untuk mengakhiri pandemi terburuk dalam abad ini.

Pasokan minyak AS turun 754.000 barel pekan lalu, data menunjukkan, sementara analis dari jajak pendapat laporan memperkirakan kenaikan sebanyak 127.000 barel. Pasokan di Cushing, Oklahoma, pusat pengiriman untuk WTI, turun 1,7 juta barel.

Tapi permintaan bensin untuk minggu ini turun 128.000 barel per hari (bph) menjadi 8,13 juta bph, tingkat terendah sejak bulan Juni.

Presiden terpilih AS Joe Biden mendesak warga Amerika Serikat untuk tidak melakukan pertemuan keluarga besar, tetap menggunakan masker pelindung, dan menjaga jarak sosial saat menjalani liburan Thanksgiving guna mengantisipasi ganasnya pandemi virus.

Amerika Serikat telah mencatatkan 2,3 juta kasus infeksi baru dalam dua minggu terakhir.

Source : id.investing.com