© Reuters.

Harga minyak naik pada Jumat (14/08) pagi di tengah bertambahnya optimisme pasar bahwa permintaan bahan bakar mulai meningkat kendati pandemi covid-19 telah menghantam banyak ekonomi negara di seluruh dunia.

Harga minyak WTI naik tipis 0,02% di $42,25 per barel sampai pukul 10.31 WIB dan harga minyak Brent menguat 0,11% di $45,01 per barel menurut data Investing.com.

Seperti dilaporkan Reuters Jumat (14/08) pagi, harga komoditas ini telah ditopang dengan baik minggu ini oleh data pemerintah AS yang menunjukkan pasokan minyak mentah, gasolin, dan produk sulingan semuanya turun minggu lalu karena perusahaan penyulingan mulai meningkatkan produksi dan permintaan pun perlahan pulih.

Namun, Badan Energi Internasional (IEA) telah menurunkan perkiraan permintaan minyaknya untuk tahun ini, dan mengatakan sektor perjalanan udara yang turun karena pandemi covid-19 akan memangkas konsumsi minyak global tahun ini sebanyak 8,1 juta barel per hari (bph).

Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) mengatakan awal pekan ini bahwa permintaan minyak dunia kemungkinan akan turun 9,06 juta barel per hari tahun ini, angka itu lebih besar dari pengurangan sebanyak 8,95 juta barel per hari yang diperkirakan sebulan lalu.

OPEC dan negara sekutu lain termasuk Rusia, yang disebut OPEC+, memangkas produksinya sejak bulan Mei sekitar 10% dari permintaan global untuk mengatasi dampak dari krisis kesehatan global.

Source : id.investing.com