Harga minyak naik tipis setelah turun dalam dua pekan beruntun

Harga minyak sedikit terangkat di awal pekan setelah cenderung tertekan dalam sepekan lalu. Meski naik, harga minyak west texas intermediate (WTI) dan harga minyak brent sama-sama bergerak di bawah level US$ 40 per barel.

Pada Senin (14/9) pukul 7.34 WIB, harga minyak WTI untuk pengiriman Oktober 2020 di New York Mercantile Exchange berada di US$ 37,46 per barel, naik 0,35% dari posisi akhir pekan lalu pada US$ 37,33 per barel. Sedangkan harga minyak brent untuk pengiriman November 2020 di ICE Futures berada di US$ 39,84 per barel, naik tipis dari US$ 39,83 per barel pada penutupan perdagangan Jumat pekan lalu.

Kenaikan persediaan minyak mentah Amerika Serikat (AS) menjadi salah satu penyebab penurunan harga minyak pekan lalu. Harga komoditas energi ini turun dalam dua pekan berturut-turut.

Harga minyak turun sekitar 6% dalam sepekan karena sinyal pasokan minyak yang masih besar. Persediaan minyak mentah AS naik 2 juta barel pada pekan sebelumnya. Sementara Arab Saudi dan Kuwait mendiskon harga jual ke Asia yang mengindikasikan permintaan yang melemah

Pada Kamis (17/9) pekan ini, OPEC+ akan bertemu untuk menentukan langkah menghadapi kelebihan pasokan yang terjadi secara global. 

Source : id.investing.com