© Reuters.

Harga minyak melemah pada Selasa (07/07) pagi dipicu lonjakan kasus covid-19 di Amerika Serikat yang berpotensi menghambat pemulihan permintaan bahan bakar.

Harga Minyak Mentah WTI Berjangka turun 0,44% ke $40,45 per barel sampai pukul 09.02 WIB menurut data Investing.com dan harga Minyak Brent Berjangka turun 09,51% di $42,88 per barel.

Trader menyoroti prospek permintaan bahan bakar di Amerika Serikat di mana 16 negara bagian AS melaporkan rekor peningkatan kasus covid-19 dalam lima hari pertama bulan Juli, menurut laporan data yang dilansir Reuters Selasa (07/07) pagi. Florida mengonfirmasi rekor kasus sebanyak 11.000 dalam satu hari, lebih banyak daripada negara Eropa mana pun yang melaporkan kasus harian saat puncak krisis terjadi.

Rilis data dari kelompok industri American Petroleum Institute (API) pada hari Selasa dan Badan Informasi Energi (EIA) dari pemerintah Amerika Serikat pada hari Rabu diperkirakan menunjukkan kenaikan pasokan gasolin sebanyakn 100.000 barel, menurut survei analis laporan.

Sementara itu pengadilan AS pada Senin memerintahkan penutupan pipa Dakota Access, jalur penting terbesar yang mengangkut minyak mentah dari wilayah minyak serpih Bakken di North Dakota ke wilayah Midwest dan Gulf Coast karena masalah lingkungan.

Sumber pasar di Bakken mengatakan penutupan sementara 570.000 barel per hari (bpd) pipa itu kemungkinan akan mengalihkan sejumlah pasokan minyak menggunakan transportasi kereta api.

Source : id.investing.com