© Reuters.

Harga minyak turun pada Kamis (09/07) pagi dipicu kekhawatiran pembatasan baru covid-19 di Amerika Serikat mengalahkan tanda-tanda pemulihan permintaan gasolin AS.

Menurut data Investing.com, harga Minyak Mentah WTI Berjangka turun 0,24% ke $40,80 per barel dan harga Minyak Brent Berjangka melemah 0,14% di $43,23 per barel pukul 10.20 WIB.

Diberitakan Reuters Kamis (09/07) pagi, harga minyak sempat naik pada Rabu setelah data dari Badan Informasi Energi (EIA) AS menunjukkan pasokan gasolin AS turun 4,8 juta barel pekan lalu, jauh lebih banyak dari perkiraan para analis, seiring naiknya permintaan menjadi 8,8 juta barel per hari (bph), tertinggi sejak 20 Maret.

Namun, lonjakan kasus covid-19 di beberapa negara bagian AS, meningkatkan prospek tindakan pembatasan baru yang kemungkinan akan menahan tiap upaya pemulihan permintaan bahan bakar. Hal ini menjaga harga minyak bergerak dalam kisaran terbatas selama minggu ini, kendati bertahan di atas level $40 per barel.

Permintaan gasolin turun di wilayah di mana pembatasan kembali diterapkan di Amerika Serikat. Sementara itu permintaan di wilayah Pantai Timur AS, tempat infeksi virus korona berhasil dikendalikan, pulih dengan baik, ungkap analis.

Amerika Serikat melaporkan lebih 58.000 kasus baru covid-19 pada hari Rabu, peningkatan terbesar yang pernah dilaporkan oleh suatu negara dalam satu hari, dengan infeksi mengalami kenaikan di 42 dari 50 negara bagian, menurut data laporan.

Pasar juga menunggu pertemuan panel pemantauan pasar dari Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan negara mitra lain pada 15 Juli mendatang.

Source : id.investing.com