India dan Brazil Lockdown, Harga Minyak Langsung Jatuh

Harga minyak melemah pada aktivitas trading akhir pekan lalu. Pelemahan harga minyak seiring perluasan lockdown di India dan Brasil guna mengendalikan pandemi Covid-19.

Hal ini mengimbangi prospek bullish demand BBM musim panas serta pemulihan ekonomi.

Mengutip CNBC, Senin (3/5/2021) minyak mentah Brent turun 1,91 persen atau USD 1,31 ke harga 67,25 dolar AS per barel pada perdagangan hari terakhir untuk kontrak bulan Juni. Minyak mentah West Texas Intermediate AS untuk kontrak delivery Juni ditutup turun 2,2 persen atau 1,43 juta barel di harga 63,58 dolar AS per barel.

“Pemulihan permintaan pasca-COVID-19 masih tidak merata dan lonjakan kasus di India berfungsi sebagai pengingat tepat waktu bahwa reli ke harga USD 70 terlalu dini,” kata Tim Analis Energy Aspects dalam sebuah catatan.

Posisi harga 70 dolar AS per barel seperti itu kemungkinan akan dicapai hanya pada kuartal ketiga tahun ini, ketika permintaan meningkat secara material dan stok melimpah berakhir, kata mereka.

Brent berada di jalur untuk mendapatkan kenaikan sekitar 8 persen di bulan April. Sementara WTI tampak menorehkan kenaikan hampir 10 persen.

Kenaikan ini akan menjadi kenaikan bulanan kelima dalam enam bulan karena permintaan global hampir kembali ke tingkat sebelum pandemi didukung oleh stimulus fiskal dan pelonggaran penguncian virus di beberapa negara.

Source : suara.com