USD/JPY jatuh terhadap Yen Jepang Selasa pagi lantaran makin tipisnya harapan untuk mencapai kesepakatan perdagangan awal antara Amerika Serikat dan Cina yang berdampak pada berkurangnya permintaan greenback.

Menurut laporan yang dilansir Reuters Selasa (19/11) pagi, yuan mencapai tingkat terendah dua minggu terhadap greenback di tengah keraguan yang muncul seputar perundingan dagang AS-Cina. Di dalam negeri, yuan jatuh ke tingkat terendah dua minggu di 7,0295 per dolar.

Dolar Australia juga turun setelah risalah dari pertemuan kebijakan Reserve Bank of Australia menunjukkan bank sentral mempertimbangkan pemotongan suku bunga bulan ini.

Sempat ada harapan Amerika Serikat dan Cina akan menandatangani kesepakatan “tahap satu” bulan ini untuk menurunkan tensi perang dagang di antara mereka selama 16 bulan.

Tetapi dolar terpukul pada hari Senin kemarin setelah CNBC melaporkan bahwa Cina pesimis untuk menyetujui kesepakatan tersebut. Mengutip sumber pemerintah, CNBC melaporkan pada hari Senin bahwa Beijing pesimis terhadap kesepakatan perdagangan dengan Amerika Serikat, terganggu oleh komentar Trump yang mengatakan bahwa tidak ada kesepakatan tentang penghapusan tarif secara bertahap.

Source : investing.com