Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada hari ini Rabu (27/5/2020) terus menunjukan keperkasaannya melawan dolar AS.

Mengutip kurs tengah Bank Indonesia (BI) atau kurs acuan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate/Jisdor tepat pukul 10:00 Wib nilai tukar rupiah menguat kembali sebesar 13 poin ke posisi Rp 14.761 dibandingkan posisi perdagangan sebelumnya di level Rp 14.774.

Sedangkan data Bloomberg di pasar spot exchange, kurs rupiah berada di level Rp 14.740 per dolar AS atau terapresiasi 15 poin dibandingkan perdagangan sebelumnya Rp 14.755.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memprediksi pergerakan nilai tukar rupiah pada Rabu ini masih bisa menguat terhadap dolar AS.

Menurut pengamatannya, pasar masih akan mendapatkan sentimen positif dari bertambahnya negara yang melonggarkan atau berencana melonggarkan kebijakan lockdownnya dan kemajuan penemuan vaksin oleh beberapa negara termasuk di Indonesia sendiri.

Namun demikian, ketegangan hubungan AS dan China akan menjadi kekhawatiran pasar karena memberikan dampak buruk ke perekonomian global.

“Rupiah masih berpotensi bergerak menguat ke area support Rp 14.650 dengan potensi resisten Rp 14.850 dari sentimen positif tersebut,” kata Ariston dalam riset hariannya, Rabu (27/5/2020).

Source : suara.com