Terus ke level tertinggi, harga emas spot siang ini di US$ 1.751,67 per troi ons

Harga emas masih bertahan di level tertingginya pada hari Senin (22/6). Terangkat setelah melonjaknya kasus baru virus corona (Covid-19) yang kian mengintensifkan kekhawatiran akan lambatnya pemulihan ekonomi global dan investor memilih mencari logam safe-haven.

Melansir Reuters, pukul 11.51 WIB, harga emas spot naik 0,45% ke US$ 1.751,67 per troi ons. Sedangkan harga emas berjangka AS pengiriman Agustus naik 0,80% ke US$ 1.767,00 per troi ons.

“Sikap menghindar dari aset berisiko secara umum membantu pasar emas, kami melihat tekanan pada pertumbuhan mata uang yang terpapar dan di pasar saham. Secara keseluruhan, ada kekhawatiran tentang peningkatan tingkat infeksi virus corona,” kata Michael McCarthy, chief strategist CMC Markets.

“Pasar mengkhawatirkan prospek pertumbuhan dan tentu saja mendukung untuk harga emas.”

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan rekor peningkatan dalam kasus virus corona secara global pada hari Minggu, dengan total meningkat 183.020 dalam periode 24 jam.

Meningkatnya kasus infeksi corona di Amerika Serikat dan di tempat lain membuat harapan untuk pemulihan ekonomi cepat dan selera investor untuk aset berisiko jadi terbebani.

Sementara itu, dua pejabat Federal Reserve AS terdengar semakin pesimis pada kecepatan pemulihan ekonomi dan memperingatkan tingkat pengangguran bisa naik lagi jika penyakit virus corona tidak dikendalikan.

Di sisi lain, ketegangan geopolitik juga mendukung aset safe-haven di tengah perkembangan di Hong Kong, karena perincian undang-undang keamanan nasional baru untuk wilayah itu menunjukkan Beijing akan memiliki kekuasaan yang besar atas penegakannya.

Emas sering digunakan sebagai penyimpan nilai yang aman selama masa ketidakpastian politik dan keuangan.

Indikasi sentimen, kepemilikan SPDR Gold Trust naik 2% menjadi 1.159,31 ton pada hari Jumat, sementara spekulan meningkatkan posisi bullish dalam kontrak emas dan perak COMEX dalam minggu hingga 16 Juni.

Source : kontan.co.id