Harga Minyak Naik, Kekhawatiran atas Dampak Omicron Terus Surut

Harga minyak naik pada Senin (13/12) pagi di Asia dan melanjutkan kenaikan yang terjadi baru-baru ini di tengah kekhawatiran atas dampak varian omicron COVID-19 terhadap pemulihan ekonomi dan permintaan bahan bakar terus surut.

Harga minyak Brent naik 1,34% di $76,16 per barel pukul 11.27 WIB menurut data Investing.com pukul 11.27 WIB dan harga minyak WTI naik 1,26% ke $72,57 per barel. Baik Brent dan WTI berjangka naik sekitar 8% minggu lalu, kenaikan mingguan pertama dalam tujuh minggu.

“Sentimen pasar telah membaik karena ancaman varian omicron telah mereda. WTI berjangka kemungkinan akan menguji level tertinggi baru-baru ini di $73,34 dan kemudian mencoba naik menuju $78, level sebelum kekhawatiran Omicron menyebabkan aksi jual tajam pada akhir November, ” Analis Fujitomi Securities Co Ltd. Toshitaka Tazawa mengatakan kepada Reuters.

Saat para ilmuwan terus meneliti omicron, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson memperingatkan bahwa Inggris dapat menghadapi “gelombang pasang” infeksi omicron.

Namun, investor tetap berhati-hati karena rilis terkoordinasi yang dipimpin AS dari cadangan minyak mentah dan ketegangan antara Rusia dan Ukraina.

Departemen Energi AS mengatakan pada hari Jumat akan menjual 18 juta barel minyak mentah dari cadangan minyak strategis (SPR) pada 17 Desember, melanjutkan strateginya untuk menurunkan harga bensin.

Di bidang geopolitik, negara G7 memperingatkan Presiden Rusia Vladimir Putin bahwa akan ada “konsekuensi besar” jika Rusia menyerang Ukraina. Rusia dapat merencanakan serangan multi-front di Ukraina pada awal tahun depan, yang melibatkan hingga 175.000 tentara, menurut intelijen AS.

Sementara itu, menteri perminyakan Irak Ihsan Abdul Jabbar mengatakan pada hari Minggu bahwa ia mengharapkan Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) akan melanjutkan kebijakannya saat ini untuk meningkatkan pasokan bulanan secara bertahap sebesar 400.000 barel per hari pada pertemuan berikutnya pada Januari 2022.

Source : id.investing.com